Cara Mudah Memilih Niche Blog yang Bagus Untuk Bisnis Maupun Adsense

CARA MEMILIH NICHE BLOG

Saat memutuskan membuat blog, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih dan menentukan niche blog. Dan langkah ini tidak selamanya mudah bagi sebagian orang. Apalagi bila dihadapkan pada bermacam pilihan niche atau topik. Tidak hanya itu, salah dalam memilih niche juga akan sangat berdampak pada berkembangan blog kedepan. Lalu bagaimana langkah dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk menentukan niche sebuah blog.

Berikut ini cara atau tips memilih niche blog yang bagus :

Langkah 1 : Memilih Niche Blog Dengan Menentukan Tujuan atau Fungsi Blog

Pertama – tama tentukan tujuan atau fungsi blog yang akan dibuat. Apakah untuk hanya untuk media catatan pribadi atau sebagai tempat diskusi ? Jika itu tujuannya kalian tidak perlu pusing – pusing lagi memilih niche. Tulis saja apa saja yang ingin ditulis.

Apakah blog tersebut untuk bisnis ( menghasilkan uang ) ? Jika iya, mari lihat pembahasan selanjutnya.

Langkah 2 : Memilih Niche Blog Dengan Menentukan Sumber Penghasilan Blog

Menghasilkan uang dari blog itu banyak sekali caranya :

1. Menghasilkan dari Program Periklanan

Seperti dari Google Adsense, MGID atau lainnya. Jika tujuan membuat blog adalah menghasilkan dari menjadi pusblihser. Yang perlu diperhatikan dalam memilih niche adalah volume dan cpc niche yang akan dibahas.

memili niche blog berdasarkan volume dan cpc kata kunci

Semakin banyak atau tinggi volume pencarian dan cpc semakin bagus. Namun juga lihat persaingan kata kunci dari niche tersebut. Apakah mudah atau susah. Jika kalian baru memulai lebih bagus memilih dengan persaingan yang mudah.

2. Menghasilkan dari program Afiliasi

Dimana dapat bergabung dengan program ini, kalian dapat bergabung di Toopedia, Lazada, Bukalapak, Zalora untuk produk atau Niagahostinger, Dewaweb untuk jasa.

Selain itu kalian dapat riset sendiri kira – kira niche apa yang banyak menawarkan program afiliasi. Jika tujuan membangun blog untuk ikut program afiliasi. Riset niche blog yang menawarkan banyak pilihan afiliasi. Contoh saja afiliasi tentang hosting dan domain.

menentukan niche blog program afiliasi

Lalu untuk volume pencarian tidak harus tinggi. Yang sedangpun jika tertarget sudah dapat menghasilkan jutaan setiap bulannya.

3. Menjual Produk atau Menawarkan Jasa Pribadi

Selain mengikuti program periklanan atau afiliasi. Kalian juga dapat menjual produk atau jasa pribadi. Contoh saja kalian dirumah ada usaha sablon. Lalu kalian membuat blog untuk usaha tersebut.

Berarti untuk niche blog ya sesuaikan dengan usaha yang akan dijalankan. Jika usaha sablon ya cari kata kunci berkaitan dengan sablon yang menunjang bisnis kalian.

Contoh untuk membuat blog buat bisnis :

  • https://www.tokopedia.com/blog/.
  • https://ahrefs.com/blog/

Paling dasar dalam mendapatkan uang dari blog 3 cara tersebut walaupun sebetulnya masih banyak lainnya.

Langkah 3 : Memilih Niche Blog Dengan Menentukan Satu atau Banyak Niche

Setelah menentukan satu atau beberapa niche blog. Langkah selanjutya apakah niche jadikan satu blog atau membuat blog dengan niche satu persatu.

Bagi yang sudah berpengalaman pasti sudah tidak lagi mempersalahkan hal ini. Namun bagi pemula kadang ada saja yang bingung. Untuk itu baca dahulu kekurangan dan kelebihan lalu tentukan yang terbaik bagi kalian.

Kelebihan Satu Blog dengan Banyak Niche

Kelebihan utama dari strategi ini adalah, suatu saat kalian akan memiliki domain yang sangat kuat, karena mampu menciptakan keterkaitan dan link (baik inbound maupun outbound) dari berbagai topik dan channel konten berbeda.

Seiring waktu dan perkembangan blog, itu akan membuat relatif lebih mudah mendapatkan ranking bagus dari mesin pencari, karena tingkat kepercayaan yang tinggi dan kekuatan dari domain utama.

Ini lah yang membuat website seperti Wikipedia dan Digg mendapat rank sangat baik di Google.

Kelebihan lainnya lagi, adalah bahwa kalian memiliki fleksibilitas dan potensi pengembangan tak terbatas.

Karena domain kalian bersifat generik, kalian bisa mudah menambah atau menghapus topik dari waktu ke waktu tanpa harus membangun brand dari nol setiap kalinya.

Kekurangan Satu Blog dengan Banyak Niche

Kekurangan utama dari blog dengan banyak topik, adalah kenyataan bahwa kalian memerlukan investasi yang banyak, baik waktu, tenaga dan modal untuk bisa sukses.

Kenapa?

Karena kalian perlu memperlakukan blog kalian seperti sebuah portal konten.

Ini berarti kalian mesti memikirkan dan memiliki desain yang sesuai dengan struktur website portal konten, kanal-kanal berbeda untuk tiap topik, penulis berbeda untuk masing-masing kanal agar bisa konsisten update secara teratur.

Mencoba membangun portal konten sendirian dan tanpa investasi memadai, barangkali tidak akan mencapai seperti yang kalian harapkan.

Kelebihan Banyak Blog dengan Satu Niche

Kekuatan dari memiliki banyak blog, masing-masing dengan topik berbeda, kalian relatif akan lebih mudah menarik pengunjung setia untuk masing-masing blog tersebut.

Semakin kalian fokus pada satu topik, semakin besar peluang meraih perhatian dari pengunjung, dan mereka akan senang untuk kembal lagi dan lagi.

Kelebihan kedua, bahwa blog yang fokus pada satu topik akan lebih mudah untuk dimonetisasi, baik dengan menjalankan afiliasi, PPC dan lainnya.

Pengiklan menyukai blog yang fokus, karena mereka lebih mudah mengontrol target dari kampanye mereka.

Kekurangan Banyak Blog dengan Satu Niche

Kekurangan pertama, dibutuhkan energi dan energi lebih besar untuk mengelola semuanya.

Mulai dari webhosting, desain, software, periklanan, promosi, dan banyak lagi lainnya. Semakin banyak blog yang kalian kelola, semakin besar upaya yang diperlukan.

Selain itu, kalian juga mungkin akan ‘kelelahan’ untuk mengelola diri sendiri. Bila kalian tidak mampu memperbarui konten secara teratur, juga aktivitas blogging lainnya, maka bisa jadi semua blog tidak bisa mencapai potensi terbaiknya.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, sekarang tentukan mana yang cocok untuk kalian dan bisnis kalian.

Langkah 4 : Memilih Niche Blog Dengan Melihat Kemampuan

Sekarang lihat kemampuan kalian apakah dapat membangun blog tersebut :

  • Apakah kalian mampu bersaingan dengan niche yang dipilih dengan membuat konten yang lebih bagus, promosi, SEO onpage dan offapage yang bagus ?
  • Apakah kalian yakin jika dengan membahas beberapa niche blog akan lebih mudah mengembangkan bisnis kalian ?

Lihat atau ukur kemampuan kembali semua. Jika tidak yakin sebaiknya urungkan daripada kalian berhenti ditengah jalan.

Dan mulai ulang dari langkah 1 atau langsung mencari niche lainnya. Namun jika yakin dan bersedia menerima apapun hasilnya dan terus berjuang.

Ya lanjutkan !. Semoga berhasil.

Oh ya, yakin disini tidak harus semua mampu dikerjakan sendiri. Namun dapat juga diserahkan ke orang lain yang lebih tepat.

Contohnya dalam hal SEO Onpage atau membuat artikel dapat juga menggunakan jasa. Namun kembali lagi apakah mampu atau ada dana untuk itu.