Upload Foto Dapat Uang (2024) : 35 Situs Jual Beli Foto Online Dibayar Dollar

UPLOAD FOTO DAPAT UANG

Berikut ini panduan lengkap bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dengan menjual foto secara online yang Anda miliki.

Oke, sebelum kita melangkah lebih jauh, saya ingin menyampaikan bahwa menjual foto adalah benar-benar satu peluang yang dapat Anda jadikan sumber penghasilan.

Setiap hari, ribuan desainer dari seluruh dunia, membutuhkan stok foto (terutama jika klien tidak memiliki foto berkualitas tinggi milik sendiri).

Sumber stok desain seperti vector, ikon, tekstur, dan image fotografi, sangat dibutuhkan bagi para desainer.

Oleh sebab itu, menjual stok grafis dan foto dapat menjadi sumber penghasilan pasif yang amat bagus bagi fotografer dan desainer grafis.

Nah, melalui artikel ini Anda dapat mempelajari hal-hal tentang stok fotografi dan bagaimana bisa menghasilkan uang melalui situs-situs stok image.

Bagaimana? Mari kita mulai!.

Apa Itu Stok Fotografi?

Stok fotografi adalah istilah yang mengacu pada suplai foto atau gambar yang dapat digunakan dengan lisensi tertentu.

Stok ini untuk memenuhi bermacam kebutuhan, dimana setiap hari tidak terhitung banyaknya orang yang membutuhkan foto untuk website, majalah, brosur, desain web, desain grafis dan keperluan-keperluan lainnya, baik kebutuhan personal maupun bisnis.

Dari kacamata bisnis, menggunakan stok fotografi yang telah jadi dapat memangkas banyak biaya, seperti tidak harus membayar fotografer, belum lagi kerepotan mencari lokasi pemotretan dan sebagainya.

Selain jelas, dengan menggunakan stok fotografi dapat menghemat banyak waktu.

Stok foto saat sudah begitu berkembang, bahkan banyak sekali fotografer yang memiliki spesialiasi untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu. Dan tentu saja, dari situ seorang fotografer menghasilkan banyak uang melalui situs-situs penjual stok foto.

Cara Mendapatkan Uang Dari Foto

Nah, sekarang bagaimana caranya kita memulai menjual stok foto dan mulai menghasilkan uang?

Jika Anda adalah seorang fotografer profesional, dan ingin membagikan karya Anda kepada dunia, maka cara ini dapat Anda Andalkan untuk meraih penghasilan tambahan.

Ya, betul sekali. Sekali Anda memilih website yang tepat, serta menyusun portfolio dengan baik, sembari menjaga kualitas foto yang Anda tawarkan, sudah barang tentu, Anda akan segera merasakan hasilnya.

Anda beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dengan menjual stok foto secara online:

  1. Anda bisa menyimpan portfolio Anda di website milik sendiri. Ijinkan pengunjung mendownload beberapa di antaranya, dan beberapa yang lain Anda mengharuskan mereka untuk membelinya. Bahkan jika Anda memiliki website mandiri seperti ini, Anda bisa memasang iklan dari situs stok foto yang Anda ikuti, dan Anda mendapat bayaran lebih.
  2. Anda juga bisa membangun gallery dan menjual foto secara langsung kepada klien.
  3. Anda bisa pula menjual foto untuk digunakan pada berbagai barang merchandise, seperti t-shirt, cangkir, kalender dan sebagainya.
  4. Jika Anda tidak punya website sendiri, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa menghasilkan uang, Anda tinggal mengupload foto-foto Anda situ stok fotografi, kemudian Anda mendapatkan uang dengan sistem bagi hasil (komisi). Dibawah ini daftar situs untuk menjual foto secara online yang bisa Anda coba.

Berapa Banyak Uang Saya Dapatkan Dengan Menjual Foto?

Jawabannya adalah amat tergantung dari berapa banyak foto yang diterima serta berapa banyak foto Anda terjual.

Terkadang, penghasilan dengan sistem bayar per download, hanya memberi Anda beberapa sen (dalam US$) saja per downloadnya bila terjual melalui cara berlangganan (membership).

Namun perlu diingat, nilai tersebut dapat naik dengan cepat jika Anda mampu menghasilkan karya berkualitas dari waktu ke waktu.

Beberapa situs stok fotografi juga akan membayar Anda lebih besar jika Anda mencapai level tertentu berdasarkan jumlah download.

Seperti misalnya, Anda akan mendapatkan komisi lebih besar jika satu foto telah didownload 5 – 10 kali, dibandingkan jika foto tersebut baru didownload 1 kali saja.

Satu hal penting lagi lainnya, beberapa situs menawarkan komisi lebih tinggi jika Anda bersedia menjual karya Anda secara eksklusif, artinya Anda hanya menjualnya pada situs tersebut.

Satu hal yang sangat luar biasa dari menjual foto online ini adalah, bahwa foto-foto karya Anda akan berkembang dengan cepat, tetap berada disana, dan akan terus menghasilkan uang bahkan jika Anda tidak melakukan apapun di situs tersebut.

Sekali foto Anda terpajang, lalu terjual, foto itu akan tetap ada, dan akan terus memberi penghasilan kepada Anda bertahun-tahun kemudian.

Foto Apa Yang Bisa Dijual?

Sebelum Anda memulai karir di stok fotografi, Anda mesti belajar dan bersiap untuk beberapa penolakan di awal.

Mungkin ada banyak foto Anda yang disetujui, namun ada banyak pula yang ditolak karena berisi materi yang tidak cocok ataupun mengangkat isu-isu yang sudah kadaluwarsa.

Semua situs stok fotografi menjalankan bisnis mereka berdasarkan permintaan pelanggan mereka, terutama mengenai foto apa saja yang diminta lebih banyak oleh para pelanggan mereka.

Karena itu, jelas mereka tidak bisa menerima semua foto yang ditawarkan, karena mereka mesti menyasar target pasar mereka, bukan memamerkan portfolio sang fotografer.

Di sisi lain, orang-orang mengunjungi situs fotografi untuk mendapatkan gambar atau foto yang bisa mereka gunakan untuk kebutuhan profesional mereka, seperti desain web, ikon, logo atau untuk penjualan merchandise.

Dari sini, jelas bahwa Anda harus menyesuaikan porfolio Anda dengan target pasar atau permintaan pelanggan dari masing-masing situs fotografi yang Anda ikuti.

Satu saran terbaik yang bisa saya berikan :

Kebanyakan foto yang amat sukses, biasanya berupa gambar yang amat sederhana dengan latar belakang putih.

Sebagai contoh, ada begitu banyak orang yang membutuhkan foto atau gambar yang sederhana dari kucing, dimana mereka dengan mudah mengganti latar belakang sesuai kebutuhan. Dalam banyak hal, background putih adalah terbaik!

Kesimpulannya adalah, semakin sederhana sebuah foto, semakin besar peluang sukses di situs stok fotografi.

Apa Saja Yang Saya Butuhkan?

Seorang fotografer memerlukan beberapa perlengkapan sebelum menekuni bisnis fotografi online, di antaranya:

  1. Kamera profesional atau biasa disebut kamera DSLR.
  2. Komputer dengan koneksi internet yang memadai.
  3. Adobe Photoshop (tambahan namun sangat direkomendasikan).
  4. Adobe Illustrator, jika Anda ingin membuat gambar sendiri selain foto (tambahan namun sangat direkomendasikan).

Sudah ada foto yang siap dijual, langsung pilih situs – situs jual foto dibawah ini.

35 Daftar Situs Jual Beli Foto Online

Berikut ini daftar situs atau tempat dimana kalian bisa menjual foto secara online :

1. Fotolia (Sekarang Bernama Adobe Stock)

jual foto online

kalian bisa menjadi kontributor di Fotolia untuk menjual karya foto kalian ke seluruh dunia.

Sekali foto kalian terjual, maka sejumlah uang akan langsung dimasukkan ke akun kalian.

Dan bagi pembeli, mereka akan mendapatkan foto bebas royalti dari situs ini.

2. Getty Images

Saya menemukan satu yang unik dari situs ini, yaitu mereka biasa tidak menerima stok foto yang mereka rasa sudah terlalu banyak mereka miliki, terutama untuk foto bertema alam (nature).

Untuk itu, kalian harus lebih kreatif lagi agar bisa menjadi kontributor di Getty Images.

3. iStockPhoto

Ini salah satu yang terbaik dari yang ada. Di sini, kalian tidak hanya bisa menjual foto, tapi juga ilustrasi, audio dan video. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya. Langsung kunjungi iStockPhoto.

4. ShutterStock

Manfaatkan kreativitas kalian bersama ShutterStock.

Karya kalian akan dilihat jutaan orang yang mencari foto untuk berbagai keperluan mereka, dan akan dibayar antara $0,2 – $25 rata-rata per sekali download.

5. Bigstock

kalian bisa memperoleh hingga $3 per download. Selain itu mereka juga memiliki program lisensi khusus, dimana kalian bisa memperoleh bayaran mencapai $2.5 – $60 setiap kali foto kalian didownload. Sangat patut untuk diikuti. Langsung saja kunjungi Bigstock.

6. eBay

Siapa yang tidak tahu eBay. Ini adalah salah satu situs belanja online paling terkenal. Di sini kalian bisa menjual apa saja, termasuk foto-foto yang kalian miliki. Jadi, mengapa tidak mencobanya dari sekarang?

7.Veer

Sekali kalian terdaftar sebagai kontributor di situ sini, maka setiap kali foto kalian didownload, kalian akan menerima royalti, yang akan dibayarkan setiap pertengahan bulan, dengan nilai minimum pembayaran sebesar $100. Bukankah itu bisa menjadi sumber passif income?

8. Alamy

Mereka berbagi keuntungan sebesar 60% untuk kalian dari setiap penjualan. Ini salah satu yang terbesar dibandingkan situs lain di industri sejenis. Selain itu, di Alamy kalian bebas menentukan sendiri lisensi hak cipta dan editorial foto-foto kalian.

9. Crestock

Crestock menawarkan sistem pembayaran royalti yang sedikit berbeda. Mereka menggunakan bagi hasil tergantung dari seberapa banyak image kalian didownload.

Seperti misalnya, untuk download sebanyak 1 – 49 kali kalian menerima 20%, 250 – 999 sebesar 25% dan seterusnya. Silakan lihat langsung untuk lebih rinci lagi.

Selain itu juga tersedia sistem pembayaran per download, jika foto kalian didownload oleh pembeli dengan cara berlangganan. Besarnya berkisar antara $0,25 – $ 0,40.

10. 123RF

Sebagai kontributor, kalian akan menerima bagi hasil sebesar 60% dari situ sini. Selain itu, kalian pun bisa mendapatkan uang dengan mereferensikan pembeli atau pun kontributor lain, yang masing-masing mendapatkan bagi hasil sebesar 15% dan 10%. Tunggu apa lagi langsung saja daftar di 123RF.

11. Imagekind

Imagekind otomatis akan menetapkan harga dasar dari foto karya kalian. Dari situ, lalu kalian bisa menentukan mark-upatau harga jual akhir kepada calon pembeli.

12.ShutterPoint

ShutterPoint menawarkan bagi hasil sebesar 85% untuk lisensi penuh bebas royalti, dan 70% untuk lisensi standar bebas royalti, dengan minimum pay out sebesar $50.

13. Picturestock

Pada saat satu foto terjual, maka 50% untuk fotografer, 25% untuk distributor yang mereferensikan pembeli, dan 25% dibagi antara Picturestock dan agensi penjualan.

Jika pembeli bukan berasal dari referal, maka 50% untuk Picturestock dan agen penjualan, sisanya untuk fotografer.

14. Dreamstime

Sistem pembagian di Dreamstime agak sedikit rumit, karena fotografer dikelompokkan ke level berbeda berdasarkan berapa jumlah download yang terjadi. Belum lagi berdasarkan ukuran foto serta jenisnya itu sendiri.

Untuk lebih jelas silakan lihat rinciannya. Namun, secara garis besar, kalian akan memperoleh antara 25% – 60% dari penjualan.

15. PhotoShelter

Mungkin ini lebih ditujukan bagi fotografer profesional yang lebih serius untuk menjual foto secara online. Karena di PhotoShelter, kalian tidak bisa menjualnya foto secara langsung seperti situs lainnya di atas.

Tapi disini kalian bisa membuat website untuk menjual foto atau karya kreatif kalian. Mengapa saya masukkan ke daftar ini?

Karena ya… saya anggap cara terbaik menjual foto kalian dengan potensi keuntungan yang tidak terbatas adalah dengan memiliki ‘toko’ (website) sendiri. Nah, di PhotoShelter inilah, kalian bisa memiliki foto gallery profesional dengan segala dukungan yang membuat semua proses menjadi mudah.

16. PhotoStockPlus

Tentukan harga sendiri berapa kalian ingin menjual karya kalian, atau kalian bisa menyerahkan sepenuhnya kepada PhotoStockPlus untuk menentukan harga jual dan kalian menerima sampai 85% bagi hasil dari penjualan.

17. POND5

Selain foto, kalian bisa menjadi kontributor dengan mengirimkan video, musik, audio, ilustrator dan 3D. Rata-rata kalian mendapatkan pembagian sebesar 50%. Penasaran lihat saja disitusnya POND5.

18. FotoLibra

Ada tiga program yang bisa kalian jalankan sebagai kontributor di FotoLibra, yaitu:

Pertama, dengan mengupload foto biasa. Ini seperti di tempat lainnya, kalian menerima bagi hasil setiap kali foto terjual atau didownload.

Kedua, kalian menawarkan koleksi foto ‘jadul’. Ya foto-foto lama yang mengandung sejarah, lebih bagus lagi terangkai menjadi sebuah ‘cerita sejarah’. Ini lebih tinggi dihargai oleh mereka.

Ketiga, di FotoLibra ada banyak permintaan dari pembeli terhadap foto-foto tertentu, dengan syarat dan kondisi tertentu juga tentunya. Nah, kalian bisa menawarkan karya kalian sesuai dengan yang diminta oleh pembeli. Sekali lagi, kalian dibayar lebih mahal jika terpilih.

19. PhotoDune

PhotoDune adalah bagian dari Envato, yaitu salah satu pasar media terbesar di internet.

Jika penghasilan yang kalian kumpulkan masih kurang dari $50, kalian bisa menggunakannya untuk membeli produk di envato.

Jadi untuk bisa withdraw saldo kalian minimal harus mencapai $50.

20. CutCaster

kalian bisa menentukan sendiri harga jual atau biarkan Cutcaster yang menentukannya untuk kalian, dan kalian menerima sampai 55% dari penjualan.

21. CanStockPhoto

kalian pertama kali harus mengupload minimal 3 foto untuk diterima sebagai kontributor di situs ini. Pembayaran melalui Paypal dengan minimum $50 atau $100 melalui cek.

22. RedBubble

RedBubble menjual karya kalian dalam bentuk produk, seperti t-shirt, casing gadget, cetak kanvas dan banyak lagi.

Mereka telah menetapkan harga dasar dari masing-masing produk, jadi kalian harus menentukan sendiri berapa selisih keuntungan yang ingin kalian peroleh, mau 3%, 30%, 300%, terserah kalian!

Saya sangat merekomendasikan situs ini bagi kalian, para profesional kreatif.

23. PhotoSpin

Ada beberapa syarat yang cukup ketat agar diterima sebagai kontributor di PhotoSpin, di antaranya foto kalian harus memiliki resulosi antara 3.600 – 5.100 pixel. Di luar itu maka akan ditolak.

Bagi hasilnya sendiri sebesar 40% dan dibayar setiap akhir bulan jika saldo mencapai $50 melalui Paypal atau Skrill (MoneyBooker).

24. Etsy

Banyak produk yang bisa kalian jual melalui Etsy, seperti kerajinan tangan, lukisan, dan banyak lagi, termasuk tentu saja foto.

Di sini, Etsy hanya bertindak sebagai perantara antara kalian dengan pembeli dari seluruh penjuru dunia. Artinya, kalian sendiri yang menentukan harga, kalian sendiri yang mengirimkan produk dan sebagainya.

Etsy hanya memastikan pembeli mendapatkan produk yang mereka beli, dan kalian menerima bayaran sesuai yang telah disepakati. Untuk itu Etsy meminta komisi sebesar 3,5% saja!

25. ShutterFly

Ini mirip seperti PhotoShelter, hanya saja di ShutterFly kalian seolah memiliki gallery online milik sendiri. Jelas, ini hanya cocok bagi kalian yang serius untuk memasarkan foto kalian kepada dunia secara profesional.

26. FotoTime

Mudah sekali untuk memulai di FotoTime. kalian tinggal mendaftar sebagai kontributor, mengupload foto, menentukan harga, dan selesai.

Semua hal lain, seperti proses penjualan, pencetakan dan pengiriman semua dilakukan oleh mereka. kalian mendapat komisi bagi hasil dari setiap penjualan yang terjadi.

27. featurePics

kalian langsung bisa menjadi kontributor FeaturePics hanya dengan mengupload 1 gambar sekalipun. Pembayaran dilakukan minimal $50.

28. StockPhotoMedia

kalian menerima komisi dari setiap download sebesar 35% untuk image ukuran kecil, 55% untuk image ukuran besar, dan 50% untuk gambar berupa ilustrasi. Bila sudah mencapai $60 baru akan dibayarkan.

29. ArtBreak

Di sini kalian bisa memajang karya kalian. Jika kalian yang berminat, kalian sendiri yang berhubungan langsung dengan pembeli. Dan bagusnya, kalian tidak perlu membayar komisi apapun kepada ArtBreak.

30. Artis Rising

Satu lagi tempat bagus bagi kalian untuk memasarkan karya fotografi kalian ke seluruh dunia. Jika kalian merasa cukup kreatif dan ‘nyeni’, bergabunglah bersama Artist Rising, dan dapatkan penghasilan yang terus mengalir dari sana.

31. Photobox

Miliki gallery online untuk stok foto kalian dan mulailah menghasilkan uang dari hobi fotografi kalian. kalian bisa memiliki secara gratis di Photobox.

32. DepositPhotos

Untuk bisa menjadi kontributor di DepositPhotos, foto kalian harus memiliki resolusi minimal 3.8 MP (2400 x 1600 pixels), dengan ukuran file tidak lebih dari 50 MB.

Setiap kontributor dikelompokkan menjadi 5 level, berdasarkan jumlah foto yang kalian unggah, dimana setiap level mendapat komisi berbeda-berbeda, antara 44% – 52%. Semakin banyak foto yang kalian upload, semakin tinggi level kalian sebagai kontributor.

33. StockFresh

Dapatkan komisi mulai dari 50% – 62,5% dengan menjadi kontributor di StockFresh.

34. PIXAMOLA

PIXAMOLA adalah situs stok foto baru dari Indonesia. Fotografer yang boleh daftar pun hanya yang berasal dari Indonesia saja, namun pembeli foto bisa dari negara manapun.

Komisi yang diberikan untuk kontributor adalah 40% dan minimal withdraw $10 (Rp 135.000).

Penghasilan dicairkan melalui transfer bank. kalian pun bisa mendapatkan tambahan komisi 5% dari transaksi pembeli atau penghasilan kontributor yang berhasil kalian referensikan.

34. Lapakfoto

Lapakfoto

Lapakfoto adalah situs jual beli foto amatir dan Profesional. Setiap foto yang berhasil kalian jual, kalian akan mendapatkan komisi 55%, dan 45% fee admin lapakfoto.

Selain Foto kalian juga bisa menjual Gambar dan Vektor hasil kreatifitas kalian dengan harga minimum $1 dan maksimum $100.

Kalian juga bisa membagikan hasil kreatif kalian secara Gratis. Jika saldo kalian sudah mencapai $35, kalian bisa mencairkannya lewat paypal maupun ke rekening bank lokal tanpa ada biaya tambahan.

Selain menjual Foto, Gambar dan Vektor kalian juga bisa mengikuti Kontes Foto yang diadakan Lapakfoto dengan Tema yang berbeda-beda setiap bulan sesuai dengan tema yang diberikan oleh Sponsor, maupun ditetukan oleh admin Lapakfoto.

35. Freedigitalphotos.net

tempat jual foto

Di freedigitalphotos.net Anda harus melamar terlebih dahulu sebelum menjual foto. Caranya sangat mudah, Anda tinggal upload 8 foto terbaik yang Anda miliki.

Royalti yang dibayarkan sekitar 70% dalam dollar antara $10 – $50.

Bagaimana Cara Saya Dibayar?

Masing-masing situs stok foto memiliki aturannya sendiri dalam hal pembayaran kepada kontributor mereka.

Biasanya, Anda harus menunggu penghasilan mencapai batas pembayaran tertentu yang berkisar antara $50 – $100 sampai bisa dicairkan.

Dalam hal ini, Anda harus memeriksa kebijakan masing-masing situs dalam hal aturan pembayaran, metode apa yang digunakan, batas minimum dan sebagainya, sebelum Anda memutuskan mendaftar ke mereka.

Kebanyakan situs menawarkan lebih dari satu cara pembayaran, seperti melalui Paypal, transfer bank dan juga melalui cek.

Tips Sukses Menjual Stok Foto Online

Inilah beberapa tips sukses bagi Anda untuk memaksimalkan penghasilan dengan menjual foto online:

  1. Jika Anda memiliki website/blog, halaman Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ atau akun media sosial lainnya, maka promosikan stok fotografi Anda di sana.
  2. Manfaatkan Google Trends, AdWords Keyword Planner atau Bing Keyword Tool untuk menemukan keyword pencarian tertinggi, lalu tag foto-foto Anda dengan keyword tersebut agar memperoleh rank cukup baik di mesin pencari.
  3. Periksa sekali lagi, pastikan foto Anda 100% baik, sebelum menguploadnya ke salah satu situs stok fotografi.
  4. Bacalah dan pelajari alasan penolakan dari foto yang Anda kirim. Hampir semua situs memberi alasan mengapa stok Anda mereka tolak. Kemudian Anda bekerja keras memperbaiki kualitas portfolio Anda.
  5. Jangan berlebih memoles foto Anda menggunakan software image editing (ingat, yang menggunakan foto Anda biasanya adalah para profesional desainer grafis). Dan usahakan selalu menggunakan latar belakang yang bersih dan simpel.
  6. Lihat dan pelajari situs para fotografer profesional lainnya yang telah sukses. Lihat bagaimana karya-karya mereka.
  7. Jangan pernah mengupload banyak foto yang sama, hal ini bisa merusak reputasi Anda di mata situs stok fotografi.
  8. Pertimbangkan untuk menjadi eksklusif, jika Anda memilih atau lebih suka bekerja sama dengan satu situs stok fotografi saja.
  9. Tawarkan beberapa foto secara gratis, untuk mendatangkan pembeli agar mereka mengetahui karya-karya Anda.

Nah, bagaimana? Jika Anda adalah seorang fotografer profesional ataupun seorang pehobi berat dunia fotografi, namun belum mengetahui atau belum mencoba peluang ini, agaknya Anda harus mulai mengambil ancang-ancang.

Sudah saatnya stok foto Anda menghasilkan uang, jangan biarkan karya Anda hanya sekadar tumpukan arsip tak berguna.Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.